HUKUM & POLITIK

Kala Tom & Jerry Bertarung

Menarik melihat fenomena Pil Pil-an sekarang ini. Entah Pilkada atau Pilpres asal bukan Pil KB. Coba kita melihatnya dari sisi netral, dari titik yang paling tengah… Bahwa sebenarnya dalam pertarungan demokrasi, masing-masing pihak jangan sampai terjebak dengan eksistensi pihak lawan. Ibarat main tinju, pelatih akan selalu menyarankan agar jangan mau terbawa gaya main lawan, apalagi terpengaruh nama besarnya. Kekuatan lawan perlu diantisipasi tetapi lebih dari itu kekuatan diri sendiri yang harus lebih dieksplorasi.

Dalam teori psikologi mendidik anak juga dikenal metode “kalimat positif”. Misalnya, ketika ingin meminta anak agar tidak berdiri di dalam mobil, maka sebaiknya orang tua mengatakan, “Duduk ya, Nak.” dan bukan, “Jangan berdiri.” Karena menurut para ahli, selain kalimat negatif, kata yang didengar itu akan masuk ke pikiran bawah sadar. Jika selalu diperintah, “Jangan berdiri!” maka anak secara tidak sadar merekam kata “berdiri” dan ia pun cenderung melakukannya. Itu sebabnya sering larangan malah dilanggar. Oleh karena itu lebih baik jika para pendukung fokus pada calon yang diusungnya dengan mengampanyekan kelebihannya.

Sebagai ilustrasi, ketika kandidat Tom head to head dengan kandidat Jerry dalam sebuah pemilihan Animal of the Year, maka lebih baik jika pendukung Tom mempromosikan kelebihan tinggi badan atau kehebatan cakar Tom daripada membicarakan tubuh Jerry yang kecil. Begitu juga misalnya membuat hastag, #2019TomYES itu jauh lebih baik daripada #2019JerryNO. Sebisa mungkin hindari menyebut nama lawan karena bisa menjadi bumerang dan sama sekali tidak menguntungkan kandidat yang didukung. Selain itu, pikiran-pikiran negatif konon akan mendatangkan hasil negatif pula bahkan merusak kesehatan diri. Lebih rinci secara ilmiah, pengaruh buruk pikiran negatif bisa dilihat di https://science.idntimes.com/discovery/amp/putri-wahyudewi/ternyata-pilihan-kata-bisa-mempengaruhi-kinerja-otakmu. (berg)

Ilustrasi: phillymag.com

Please follow, like, and share this page:

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *