KELUARGA

Tongkat, Busur, dan Angin

ANGIN berhembus sedang. Konsentrasi dikerek pada tingkat tertinggi. Ketegangan memanjat ke puncak. Nafas mendesak di paru. Seraya melirik target, tongkat golf diayun dan anak panah ditarik ke belakang. Pertaruhan dimulai pada detik-detik ini. Sesaat setelah tongkat pemukul dihantamkan dan tali busur dilepaskan, ketegangan akan me-nurun dan konsentrasi pun berpindah ke sasaran, harap-harap cemas memantau lengkung garis lintas bola golf dan anak panah yang meluncur mendekati target.

Sesaat setelah Anda melepaskan bola golf dan anak panah ke udara, tak ada lagi yang bisa Anda lakukan untuk mempengaruhi jalannya benda-benda itu. Semuanya ditentukan oleh strategi, teknik, mental, dan ketenangan Anda saat mengukur sasaran, menentukan arah, dan mengatur kekuatan ayunan dan tarikan, sebelum melakukan tee shot dalam permainan golf dan tembakan ke target face pada panahan. Tak ada pula yang bisa Anda ubah dari bentuk bola dan anak panah yang sudah diciptakan sedemikian rupa. Apa yang bisa Anda lakukan hanyalah menguasai cara penggu-naan tongkat dan busur tersebut agar hasilnya sesuai dengan harapan.

Biarpun demikian, ternyata segala aspek teknis yang ada pada diri Anda itu—dalam mem-persiapkan pukulan dan tembakan—seakan tak berarti bila sang Angin berhembus usil membiaskan bola golf dan anak panah. Oleh karena itu, kecepatan dan arah angin juga harus benar-benar di-perhitungkan. Terkadang Anda harus melebihkan sudut awal atau memperbesar kekuatan, agar jikapun nantinya dihembus angin dari arah yang sudah diprediksi, bola golf dan anak panah itu mampu mencapai target area yang sudah Anda rencanakan, meski tidak harus selalu berhasil melakukan hole in one atau menancap di bundaran kuning bernilai sepuluh. Satu hal yang pasti, bahwa besar sudut, besar gaya ayunan, besar tarikan dan besar kekuatan itu sendiri tak akan pernah persis sama pada setiap pukulan dan tembakan yang Anda lakukan. Semua tergantung situasi pada saat hal itu dilakukan.

Demikian jugalah tentang anak. Apakah anak biologis, anak asuh, anak didik, atau siapa pun yang Anda tanggung jawabkan untuk dihantar ke masa depan. Anda hanya bisa melakukan persiapan yang matang, antisipasi faktor lingkungan, lalu me-lepaskannya. Selanjutnya Anda hanya bisa me-nyaksikan perjalanan hidup mereka di bawah kehendak Yang Mahakuasa.

_______

Terdapat dalam buku LAMPYRIDAE, 2018 (klik gambar untuk melihat keterangan)

Untuk pemesanan sila kontak melalui email: berg@saturana.com atau WA: 082163884000

(Ilustrasi: pixabay.com)

Please follow, like, and share this page:

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *