KELUARGA PROSA

Buat Apa Dilahirkan?

KUPANDANGI wajahnya yang lugu. Matanya terpejam. Bibirnya terkatup. Senyap dalam lelap setelah lelah seharian bermain.

Hal-hal yang baru membuatnya sangat bersemangat. Pikiran yang polos membuatnya tampak bersahaja.

Betapa senangnya ia kala menikmati dunia melalui permainan. Memandang segala sesuatu dengan tatapan sederhana, kepercayaannya penuh pada apa yang dilihat.

Buah hatiku… Kau masih balita. Perjalananmu masih sangat panjang. Belum kau rasa kulit terbakar. Belum kau rasa daging tertusuk. Belum kau rasa perut kelaparan. Belum kau rasa perihnya kehilangan orang dikasihi. Belum pula kau rasa saat-saat terhina dan terpinggirkan.

Seraya memperhatikan wajahmu yang cantik, benakku sibuk bertanya-tanya. Akankah kau bahagia di masa dewasa nanti? Apakah kau bisa menikmati makanananmu sampai kenyang? Apakah kau mampu mengenakan pakaian yang kau suka, punya tempat berteduh yang pantas, dihargai oleh teman-temanmu, dicintai dan tak disia-siakan oleh pasanganmu? Apakah kau juga akan hidup layak di masa tuamu?

Apakah genetika yang kuturunkan bisa memampukanmu mengejar pendidikan tinggi dalam ilmu yang semakin rumit? Apakah sifat yang kuwariskan bisa membantumu bersaing dalam pertarungan yang semakin sengit? Apakah moral yang kutanamkan cukup untuk mengantarmu menjadi orang benar di tengah dunia yang semakin jahat?

Jika tidak, aku akan mengutuki diriku sendiri. Mengapa kau kudatangkan ke dunia ini jika hanya untuk menderita…? Mengapa kau dilahirkan ke muka bumi jika harus mengemis untuk sesuap nasi dan hanya bisa bermimpi untuk mengecap bahagia…?

Apakah kami—orangtuamu—begitu kejam mengantarmu pada kehidupan nelangsa hanya karena keegoisan kami yang ingin menikmati lucunya bayi sebagai buah wajib sebuah pernikahan?

_______

Terdapat dalam buku LAMPYRIDAE, 2018 (klik gambar buku untuk melihat keterangan)

Untuk pemesanan sila kontak melalui email: berg@saturana.com atau WA: 082163884000

(Ilustrasi: pixabay.com)

Please follow, like, and share this page:

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *