BIROKRASI PROSA

Piring dan Gelas

DI suatu masa, penjual makanan di warung nasi yang seyogyanya sudah menyiapkan perlengkapan makan—seperti piring, sendok, garpu, dan gelas—ternyata kehabisan piring saat seorang pelanggan datang. Pemilik warung kemudian meminta si Pelanggan untuk membawa piring sendiri karena piring di warung itu habis. Sedikit kesal, si Pelanggan pun pergi mencari piring lalu kembali ke warung tersebut.

Dengan tampang tak berdosa, pemilik warung sekali lagi menyuruh si Pelanggan untuk membawa gelas sendiri karena gelas mereka juga habis! Si Pelanggan sangat kesal. Bukan saja karena tidak diberitahu sekaligus pada kedatangan pertama bahwa ia juga harus menyediakan gelas sendiri, tetapi karena sudah seharusnyalah gelas dan piring merupakan bagian dari pelayanan setiap pemilik warung mana pun di dunia ini. Bukan malah harus disediakan sendiri oleh pelanggan. Sebuah pelayanan yang buruk!

Jika saja ada warung nasi yang lain, si Pelanggan pasti sudah pergi dengan sumpah serapahnya karena tak sudi makan di warung yang menyebalkan itu. Tetapi apa daya, itu adalah satu-satunya warung nasi yang boleh buka di wilayah itu dan dia harus makan!

 

_______

Terdapat dalam buku LAMPYRIDAE, 2018 (klik untuk melihat keterangan)

Untuk pemesanan sila kontak melalui email: berg@saturana.com atau WA: 082163884000

Ilustrasi: pixabay.com

Please follow, like, and share this page:

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *