TEKNOLOGI

Sudah Isi Token PLN Tetapi Daya Tidak Bertambah

Jika Anda sudah memasukkan 16 digit kode token listrik ke meteran tetapi daya listrik tidak bertambah (muncul status: Terpakai), jangan khawatir. Coba ingat-ingat, apakah Anda sudah melewati batas waktu pengisian daya dari yang biasanya? Jika iya, berarti listrik Anda tidak hilang, tetapi memang sudah terpakai. Begini ceritanya:

Meteran listrik di rumah Ayah mertua berbunyi, tandanya listrik sudah harus diisi ulang. Beliau pun pergi di minimarket untuk membeli token. Sekembalinya ke rumah, meteran ternyata tidak berbunyi lagi. Ayah mertua tidak mengambil kursi untuk melihat lebih jelas angka sisa daya yang tertera di meteran. Pikirnya, nanti saja diisi kalau berbunyi lagi.

Sibuk dengan aktivitas, waktu pun berlalu kira-kira dua minggu, waktu yang biasanya harus mengisi ulang token listrik sebesar 126,8 KWH senilai dua ratus ribu rupiah. Meteran pun kembali mengeluarkan bunyi pengingat. Ayah mertua mengambil struk berisi kode token yang dibelinya dua minggu yang lalu kemudian memasukkan angkanya ke meteran. Setelah tombol “enter” ditekan, muncul status: “Terpakai” dan daya tidak bertambah! Kode yang dimasukkan sudah benar, karena jika salah maka status yang muncul harusnya “Salah”. Ayah mertua mencoba beberapa kali lagi dan statusnya tetap sama: “Terpakai”!

Setelah saya datang, kami coba merunut peristiwa. Biasalah, kalau ada kejadian, kan kita suka tanya-tanya seperti detektif, meminta saksi atau korban menceritakan urutan peristiwanya secara rinci. Kami menghitung-hitung penggunaan listrik, sebelum melaporkannya ke kantor PLN keesokan hari. Ternyata kami menemukan untaian peristiwa yang masuk akal:

Bahwa memang biasanya ayah mertua mengisi ulang listrik setiap kira-kira dua minggu, padahal dua minggu sebelumnya beliau tidak jadi mengisi. Berarti sudah empat minggu berlalu sejak pengisian terakhir. Ketika kode token (yang dibeli dua minggu lalu) dimasukkan, sesungguhnya daya yang diinjeksikan itu sudah terpakai selama dua minggu terakhir, ibarat membayar hutang atau tunggakan. Itu sebabnya status yang muncul adalah “Terpakai”. Memang sudah sewajarnya ayah mertua membeli lagi token yang baru untuk kebutuhan listrik dua minggu ke depan. Selesai, kasus ditutup.

Pertanyaan yang tersisa: Mengapa listrik bisa digunakan selama dua minggu tanpa mengisinya? Kami tidak tahu jawaban yang pasti, tetapi logika sederhananya adalah: Terjadi kesalahan sistem antara meteran dengan pengendali PLN (system error). Yang namanya komputerisasi, bukan hal yang mengherankan jika sekali waktu terjadi error.

Jadi jika anda mengalami kejadian serupa, jangan khawatir, uang Anda tidak hilang. Tetapi meteran listrik Anda iseng, sejenak migrasi menjadi Pasca Bayar. Selanjutnya meteran listrik ayah mertua kembali normal sebagaimana sistem Pra Bayar seharusnya.

(Ilustrasi: pixabay.com)

Please follow, like, and share this page:

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *