SOSIAL & BUDAYA

Berharap Orang Lain Akan Lakukan

SAYA mengeluarkan mobil dengan arah mundur ke jalan kecil yang ada di depan rumah. Secara perlahan saya mundur sambil berusaha melihat ke kiri dan kanan. Tak terlalu jauh di arah kanan, terlihat seorang pengendara sepeda motor datang mendekat dengan kecepatan sedang. Saya pikir, jika saya mundur ke jalan, pastilah pengendara motor—yang sudah melihat ekor mobil saya dari jauh—itu akan berhenti menunggu saya memutar kendaraan, lalu ia melanjutkan perjalanannya.

Saya pun menambah gas untuk segera menyelesaikan proses pengeluaran mobil itu, dengan maksud agar ia tak menunggu terlalu lama. Hanya dalam beberapa detik kemudian, saya sangat terkejut karena nyaris menabrak pengendara motor itu! Rupanya dia menambah kecepatan motornya dengan maksud agar lebih dulu melewati mobil saya sebelum badan mobil saya menutup seluruh jalan yang sempit itu.

Tadinya saya berpikir bahwa dia pasti akan berhenti untuk memberi saya kesempatan memutar mobil. Tetapi rupanya dia juga berpikir bahwa sayalah yang akan berhenti untuk memberinya kesempatan lewat. Sehingga kami pun sama-sama menambah laju kendaraan masing-masing.

Sering kali kita berharap orang lain akan melakukan sesuatu. Kita lupa bahwa yang pasti bisa kita kendalikan hanyalah diri kita sendiri.

Sering kali kita berharap orang lain akan melakukan sesuatu untuk mewujudkan rencana baik yang ada dalam pikiran kita, sementara kita tidak berbuat apa-apa. Di saat seperti itulah terjadi berbagai kecelakaan, musibah, kekalahan, termasuk juga kegagalan cinta.

Ilustrasi: pixabay.com

______

Diambil dari buku LAMPYRIDAE (2018)

Rp 48.000

Untuk pemesanan sila email ke berg@saturana.com atau WhatsApp ke 082163884000

Please follow, like, and share this page:

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *