PENDIDIKAN WISATA

Belajar di New Zealand: 12 Benda Yang Wajib Dibawa

Hanya sebagian dari daftar ini yang saya ketahui sebelum berangkat. Sisanya baru tau setelah dialami di sini bersama teman-teman (thanks to Betha, Rina, Angga, dan Achsani yang sudah melengkapi daftar). Karena itu, saya ingin berbagi informasi buat teman-teman supaya kamu nyaman saat pertama tiba di New Zealand. Nah, catatan saya ini lebih cocok buat kamu yang ingin berhemat atau punya budget pas-pasan seperti saya, hehe… Kalau kamu bawa duit banyak sih, semua bisa dibeli di sini. Oke, langsung aja, ini sepuluh benda yang sebaiknya dibawa saat berangkat:

 

1. Portable Bidet

 

Ini benda yang sangat vital bagi orang risih buang air tanpa air. Di Australia dan New Zealand (sama seperti di beberapa negara barat lainnya) semua toilet itu kering dan gak dilengkapi auto bidet. Itu lho, semprotan air untuk cebok. Portable bidet tersedia dalam tipe manual dan elektronik. Pengalaman saya, dipake 4 bulan, keduanya sudah menunjukkan tanda-tanda kerusakan. Tenang aja, kamu bisa beli lagi di sini (online). Tetapi kalau kamu sudah terbiasa dan cukup puas hanya menggunakan tisu, yah gak masalah, item ini bisa dicoret dari daftar barang bawaanmu.

 

2. Adapter socket listrik (power cord adapter) dan kabel extension

 

Ilustrasi: New Zealand Camper Van Adventures

Buat saya, ini barang nomor dua yang wajib dibawa. Karena semua barang elektronik kamu gak akan berfungsi tanpa ini karena soket listrik di NZ itu berbeda. Memang bisa sih beli di bandara atau setelah kamu tiba di sini. Tetapi kalau HP sudah lowbat di tengah perjalanan atau baru nyampe, kan repot nyari-nyari toko yang jual adapter seperti ini. Jadi kamu cuma perlu adapter ini satu buah aja, lalu bawalah kabel extension (yang sekaligus terminal) dari Indonesia sehingga semua perangkat elektronik bisa digunakan tanpa harus masing-masing pake adapter.

 

3. Sweater atau longjohn

 

Di NZ sweater lebih dikenal dengan nama longjohn. Jenis pakaian ini akan sangat berguna untuk menjaga kehangatan tubuh tanpa mengorbankan gaya, dibanding harus ber-jaket-ria kemana-mana. Untuk dalaman bisa pake thermal underwear. Jangan salah membedakan thermal underwear dengan manset yang biasa dijual online di Indonesia yang justru terbuat dari bahan yang terasa dingin. Makin runyamlah kehidupan kamu pake manset begituan di NZ sini (pengalaman pribadi hahaha…). Gak perlu bawa banyak-banyak. 1 atau 2 aja udah cukup karena di sini banyak dijual dengan harga terjangkau, bahkan sesekali ada hibah, alias gratis. Cuma kalau baru datang, kan kamu belum sempat belanja. Mau nyari kemana juga belum tau. Jadi bawalah untuk keperluan hari-hari pertama saja.

 

4. Jaket berpenutup kepala waterproof

Kalau buat saya sih, jaket berpenutup kepala itu sangat penting di sini untuk lapisan terluar. Selain utk melindungi kepala dari hujan, juga dari angin dan dingin. Aku nyebutnya jaket sapujagat, yaitu jaket berpenutup kepala yang bisa menahan dingin dan juga air (waterproof). Karena di sini kamu bakalan sering ditiup angin (terutama di Wellington) dan kadang disertai butiran air. Kebayang gak, kalo baju basah trus dihembus angin dingin kayak udara di kulkas?

5. Sepatu jogging

Gak perlu mahal, yang penting nyaman dan kuat (jatuh-jatuhnya mahal juga yah hehe). Mungkin lebih tepatnya: gak penting model atau gaya apalagi brand, karen di sini orang gak peduli sama penampilan kamu. Tetapi karena kamu akan banyak berjalan kaki, jadi usahakan bawa sepatu yang nyaman dan kuat supaya tahan lama. Kuat tapi gak modis jauh lebih baik daripada gaya tapi lecet, hoho… Soalnya kalau beli sepatu di sini, mahal coy.

6. Lotion pelembab kulit, wajah dan bibir

Nah, mungkin benda ini lebih dibutuhkan cewe-cewe tanpa mengesampingkan cowo-cowo yang peduli kesehatan kulit. Secara umum di NZ cuacanya kering gak jelas. Kadang panas tapi dingin, lembab tapi kering, nah cemana pula Pokoknya kulit kita itu di sini kering dan cenderung agak gelap. Bibir pecah-pecah tapi bukan sariawan. Jari lebih gelap dan keriput. Oleh karena itulah pelembab dibutuhkan.

7. Tabir surya (Sunblock)

Cuaca di NZ relatif dingin dan matahari adalah tetap matahari. Maksudnya apa? Efek terbakar matahari itu tetap ada tetapi kita gak sadar karena udaranya dingin. Kalau di negara tropis, kan kita langsung menghindar tuh, saat kena panas. Di sini kita bisa seharian terpapar matahari, apalagi saat melancong. Jadi, lindungi kulit dengan sunblock.

8. Celana panjang tidur (training suit/piyama)

Nah, kalau yang ini subyektif sih ya? Gak tau kalau kebiasaan kamu gimana. Kalo di Indonesia, saya tidur biasanya pake celana pendek, tapi berhubung di sini dingin, jadi celana panjang yang lentur dan agak longgar jadi kostum ideal untuk di rumah. Kalau kamu ada piyama, sudah mantablah itu.

9. Kartu ATM visa/master card

Kalau kartu ATM kalian belum ada logo visa ato master card segeralah ke kantor bank anda. Logo itu dibutuhkan utk menarik uang di sini, kalo gak, mesin gak akan kenal sama kartumu. Jadi kalo ada logo itu, rekening kalian di Indonesia kan bisa dihabisin di sini. Walah.. pengalaman pribadi hehe…

10. Telepon seluler dengan fitur NFC

Ini kesannya sepele tapi kadang terlupa. NFC adalah singkatan dari Near-Field Communication, yaitu fitur di smartphone. Salah satu fungsi NFC adalah untuk berkomunikasi dengan chip yang terpasang di kartu elektronik. Nah, kartu bis yang akan sering kamu gunakan di NZ bisa dibaca smartphone jika ada fitur ini. Ini perlu untuk melihat sisa saldo dan mengisi ulang kartu elektronikmu. Masa harus nyari-nyari tempat ngecek atau pinjem smartphone temen tiap kali mau isi ulang?

11. Obat-obatan

Meskipun di NZ banyak tersedia obat, tetapi selain mahal, belum tentu merknya familiar dan biasa kamu konsumsi. Bawalah secukupnya obat-obatan yang kamu kenal baik, terlebih balsam dan minyak urut. Di NZ memang ada toko asia, tapi kembali lagi, namanya beda dan jelasinnya ke penjaga tokonya susah hehe…

12. Batik, pakaian tradisional, peci dan sarung

Nah, ini yang tak kalah vital. Kenapa penting, karena susah nyari di sini. Entah ada entah gak, ga tau juga sih. Baju khas Indonesia akan kamu butuhkan pada acara-acara resmi untuk menampilkan citra Indonesia.

Demikianlah para pembaca budiman dimana pun Anda berada, semoga catatan ini bermanfaat. Selamat berkemas…!

Please follow, like, and share this page:

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *